Rabu, 01 Juni 2016

Pidie Siap Bentuk Kelompok Penanam Kayu Jabon

Tim Aspekja Berdiskusi dengn Kadis Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Pidie
Sehubungan dengan   rencana pembentukan Kelompok Penanam Kayu Jabon di Kabupaten Pidie, Tim Aspekja berkoordinasi dengan Kepala Dinas kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Pidie, kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 25 Mei 2016 di Kantor Kehutanan dan Perkebunan Kab. Pidie, Tim Aspekja diterima langsung oleh Bapak Ir. Syarkawi selaku Kadis dan didampingi oleh sekretaris dan beberapa kabid, sedangkan dari Aspekja dihadiri oleh Zahirsyah Oemardy sebagai Sekjen Aspekja dan didampingi oleh Ketua I Bidang Organisasi dan Keanggotaan Edi Mulyadi dan  Wakil Bendahara Nyak Syukur Nazarullah serta Tawaqal Marzuki yang membidangi Hukum dan Legalitas.

Tujuan pertemuan dengan kadis kehutanan dan perkebunan Pidie adalah sebagai bentuk koordinasi antara Aspekja dengan pihak pemangku kepentingan di Daerah sebelum melaksanakan kegiatan program.  Pada tahun 2016 Aspekja mendapat bantuan hibah dalam bentuk program peningkatan kapasitas organisasi, salah satunya kegiatan program adalah pembentukan kelompok sebagai pilot project di 2 Kabupaten, yaitu Pidie dan Aceh Besar, setelah terbentuk kelompok sebagaimana yang dipersyaratkan oleh mfp, selanjutnya akan diadakan workshop untuk melatih para penanam bagaimana cara melakukan inventarisasi dan pengukuran volume/ kubikasi dari pada tegakan pohon jabon sebagaimana Standard Operting Procedure (SOP) yang ditetapkan oleh mfp, data dari hasil inventarisasi lahan dan pohon jabon tersebut dapat digunakan untuk proses sertifikasi lahan dan pohon jabon, sehingga nilai jual kayu jabon akan meningkat.

Sebagaimana aturan yang berlaku bahwa industri pengolahan kayu diwajibkan menggunakan bahan baku yang berasal dari sumber yang legal (tidak menggunakan kayu ilegal), dengan dilakukannya sertifikasi terhadap lahan dan Jabon maka hal tersebut sebagai bukti bahwa kayu tersebut berasal dari lahan budidaya.


Dalam arahannya Kadis sangat mendukung dan menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Aspekja dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat melalui budidaya Jabon, khususnya di Pidie, dan juga mengajak Aspekja secara bersama-sama memikirkan guna menghadirkan industri pengolahan kayu Jabon di Pidie agar memudahkan bagi para petani/penanam Jabon menjual hasil Panennya nanti. (Zoe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar